SAHABAT ALI R.A

Keutamaan Ilmu dibandingkan Harta

Sayyidina Ali RA pernah di datangi orang Arobi, kemudian Arobi tersebut bertanya: Wahai Ali, Apakah keutamaan ILMU dibandigkan dengan HARTA? Ali Menjawab ilmu adalah warisan dari para nabi sedangkan harta adalah warisan dari Qorun dan fir’aun dan yang lainnya.. pulanglah si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali. Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab Ilmu akan menjaga kamu dari perbuatan yang mungkar sedang harta adalah kita yang wajib menjaga dari pencurian dan Kehilangan.. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab orang yang banyak harta akan banyak musuh sedangkan akan mambawa banyak teman. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab ilmu jika diberikan akan bertambah sedangkan harta akan berkurang. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab orang yang mempunyai harta akan mengajak kepada kebakhilan sedangkan orang yang mempunyai ilmu akan mengajak kepada keagungan dan kemuliaan. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab harta harus dijaga dari pencuri sedangkan ilmu tidak harus dijaga dari pencuri. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab orang yang mempunyai harta akan di hisab di hari kiamat dan orang yang mempunyai ilu bisa memebri syafaat (pertolongan) di hari kiamat. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab harta akan mengalami pengurangan sesuai dengan waktu berjalan sedangkan ilmu tidak habis ditelan zaman (abadi). kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab harta akanmembuat hati menjadi keras dan membutakan hati dan ilmu akan manjadikan nur (cahaya) mencerahakan hati. kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Kemudian datang lagi Arobi yang lain kepada Beliau dan bertanya hal yang sama. Wahai Ali, apakah keutamaan ILMU dibandingkan dengan HARTA? Ali menjawab harta akan menjadikan seseorang bersifat otriter (ingin mengusai segalanya dengan harta) (sifat rubbubiyah) sedangkan ilmu menjadikan seseorang bersifat rendah diri, trima, pasrah (sifat ubuddiyah). kemudian pulang juga si Arobi yang telah mengetahui jawaban dari Ali.

Sebuah Riwayat yang lain meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, jika diumpamakan aku ini adalah GUDANG ILMU, maka ALI adalah PINTUnya. Karena begitu banyaknya ilmu yang dikuasai olah ALI RA. Subhanallah……

(10 keutamaan dibandingkan harta menurut Ali RA dalam kitab Usfuriyah).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s